Perkembangan Bola Basket di Mandasport



SEJARAH CLUB “ZHEMA” KEBUMEN

            Mulai tahun 2001 kami team mandasport mulai merintis dan mengembangkan beberapa cabang olahraga yang berpotensi untuk berprestasi. Salahsatu cabang olahraga yang menurut kami belum terprogram dan mempunyai peluang untuk bersaing di tingkat kabupaten, kedu bahkan tingkat  provinsi Jawa Tengah yaitu cabang Bola Basket. Permainan bola basket merupakan cabang olahraga yang wajib diikuti terutama untuk Mata Pelajaran Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan.
Bermula dari olahraga wajib inilah kami bersikeras untuk memasukan cabang bola basket menjadi program pengembangan bakat dan minat siswa dalam bentuk EKSTRAKURIKULER OLAHRAGA.
Dengan kegiatan ekstrakurikuler olahraga cabang bola basket yang di lakukan 2 kali seminggu, siswa siswi Mandasport mulai tertarik untuk mengikuti latihan-latihan. Program latihan dijalankan dengan baik oleh pelatih mandasport dibantu (couching clinic basketball) oleh pelatih PERBASI Kabupaten Kebumen. Latihan fisik, teknik, taktik  dan mental / sparing partner selalu dilakukan agar siswa Mandasport mempunyai kemampuan fundamental basket serta  mental yang kuat untuk menjadi yang terbaik. Dalam perlombaan club basket mandasport lebih dikenal dengan CLUB ZHEMA.  Event atau lomba-lomba cabang bola basket yang diikuti CLUB ZHEMA mandasport diantaranya adalah:
1.    Kompetisi basketball antar club/sekolah tingkat Kabupaten dan Kedu
2.    Liga Basket Kebumen untuk SMK/SMA/MA  tingkat Kabupaten dan Liga Basket Tingkat  Kedu.
3.     Pekan Olahraga Pelajar Daerah (POPDA) SMK/SMA/MA antar Distrik, Tingkat Kabupaten,Tingkat Eks Karesidenan Kedu, dan Tingkat Provinsi.
4.    Pekan Olahraga dan Seni (PORSENI) antar MA tingkat Kabupaten dan Provinsi
Berikut sederet prestasi cabang Bola Basket mandasport yang pernah ter update :    
1.    Juara 3 Bola Basket putra PORSENI Tingkat Jawa Tengah tahun 2004 di Magelang
2.    Juara 1 POPDA Bola Basket Putri SMK/SMA/MA Tingkat Kabupaten  tahun 2009
3.    Juara  3  POPDA  Bola Basket Putri SMK/SMA/MA Tingkat Eks Karesidenan Kedu  tahun 2009
4.    Juara 1 POPDA Bola Basket Putri SMK/SMA/MA Tingkat Kabupaten  tahun  2010
5.    Juara 1 POPDA Bola Basket Putri SMK/SMA/MA Tingkat Kabupaten  tahun 2011
6.    Juara 1 POPDA Bola Basket Putri SMK/SMA/MA Tingkat Kabupaten  tahun 2012
7.    Juara 3 POPDA Bola Basket Putri SMK/SMA/MA Tingkat Eks Karesidenan Kedu tahun 2012
8.    Juara Harapan 1 Liga Basket Kebumen  SMK/SMA/MA Bola Basket Putri
9.    Juara 1 POPDA Bola Basket Putri SMK/SMA/MA Tingkat Kabupaten  tahun 2013
Dengan beberapa prestasi yang didapat oleh atlet-atlet mandasport kami selaku Pembina/Pelatih Club ZHEMA mendapat tantangan yang sangat berat terutama untuk memotivasi calon atlet-atlet mandasport agar dapat mempertahankan hasil kejuaraan dari tahun ke tahun. Sparing partner selalu dilakukan dengan SMK/SMA/MA setiap bulan sekali untuk melatih dan pembentukan karakter tim.  Latihan yang rutin di lapangan terbuka (lapangan outdoor) dan di dalam ruangan (lapangan indoor) baik di madrasah maupun di GOR secara berganti-ganti diharapkan calon atlet-atlet bola basket  mandasport termotivasi dan tidak bosan serta giat dalam berlatih.
Latihan secara terprogram, inovatif, kreatif sesuai dengan program latihan PERBASI para calon atlet bola basket  akan mendapatkan tantangan untuk berlatih secara rutin dan berkesinambungan. Mudah-mudahan dengan latihan yang  rutin, semangat, disiplin, dan kerjasama tim ini akan  menghasilkan atlet-atlet mandasport  yang siap untuk berkompetisi.


Lebih baru Lebih lama