* JAGALAH SPORTIFITAS DIMANA BUMI DIPIJAK DI SITU LANGIT KITA JUNJUNG LOYALITAS TANPA BATAS

Sejarah Club ZHEMA Kebumen

Dalam Perlombaan Club Basket Mandasportcenter lebih dikenal dengan CLUB ZHEMA. Event atau lomba-lomba cabang bola basket [...]

Taktik dan Strategi Bola Basket

Dalam seluruh bentuk olahraga sering kita jumpai orang membicarakan masalah TAKTIK DAN STRATEGI . Inti dari penggunaan taktik dan strategi [...]

Cara Bermain Bola Basket ...

Untuk pemula sebaiknya pertama-tama berlatih dribble menggunakan tangan kanan setelah mahir bisa berlatih menggunakan tangan kiri [...]

Teknik Dasar Bola Basket

Ada beberapa teknik dasar dalam olahraga bola basket yakni: passing dan catching,dribbling, shooting, pivot, jump stop,dan rebound [...]

Teknik Dasar Bola Voli

Setiap Pemain Bola voli harus menguasi teknik dasar bola voli. Penguasaan teknik tersebut harus dilakukan dengan latihan terus menerus [...]

OLAHRAGA PANAHAN

Cara Melakukan Panahan Bagi Seorang Pemula

Pada postingan kali ini penulis akan menguraikan sedikit Cara Melakukan Panahan Bagi Seorang Pemula Di dunia modern sekarang ini untuk bisa memanah sangat diperlukan beberapa Teknik Dasar Melakukan Panahan.Tehnik memanah yang benar amat mendukung pencapaian prestasi panahan. 
Dengan dikuasainya tehnik memanah yang benar dapat memungkinkan pemanah memiliki konsistensi gerakan memanah baik dalam latihan ataupun persaingan. pemanah pemula sebelum saat ke tehnik terlebih dulu mesti menguasai dua metode pemasangan tali yakni : metode dorong tarik (push pull), serta  metode tindak langkah (step-through). 

Apa Saja Teknik Dasar Dan Cara Melakukan Panahan Bagi Seorang Pemula?

Sebelum terjun ke pemanah profesional terlebih dahula para pemanah pemula harus mengetahui dan menguasai teknik dasarnya. Teknik dasar memanah bagi pemula pada prinsipnya ada sembilan, yakni :
1.  Langkah berdiri ( stance ) merupakan  posisi kaki pada saat berdiri di lantai atau tanah secara seimbang dan tubuh tetap tegak tanpa dibengkokkan.
2. Menempatkan ekor panah ( nocking ) adalah memasukkan ekor panah ke nocking point pada tali dan menempatkan gandar (shaft) pada sandaran panah (arrow rest).
3. Posisi 1/2 tarikan ( set up ) adalah Posisi badan releks dengan setengah tarikan. Pada saat posisi ini, pemanah sangat penting untuk merasakan agar posisi badan tetap tegak/center.
4. Menarik tali ( drawing ) adalah Tehnik dengan gerakan menarik tali sampai menyentuh bagian dagu, bibir, dan hidung.
5. Penjangkaran ( anchoring ) adalah Teknik dengan gerakan menjangkarkan tangan penarik pada bagian dagu. Pada waktu anchoring, pernafasan harus dikontrol dengan baik dan konsentrasi tetap.
6. Menahan sikap memanah ( holding ) adalah Pemanah menahan sikap memanah beberapa saat sebelum anak panah dilepaskan.
7. Membidik ( aiming ) adalah Suatu gerakan mengarahkan visir pada titik sasaran dan pemanah dalam memegang grip serileks mungkin.
8. Melepas anak panah ( release ) adalah Suatu gerakan melepaskan tali busur dengan cara tangan penarik tali bergerak ke belakang menelusuri dagu dan leher pemanah.
9. Gerak lanjut ( follow through ) adalah sikap badan setalah melepaskan anak panah, disini pemanah dituntut agar tetap rileks.