GAYA DALAM RENANG


Renang merupakan olahraga yg melombakan kecepatan atlet renang dalam berenang. Gaya renang yg diperlombakan merupakan gaya bebas, gaya kupu-kupu, gaya punggung, serta gaya dada. Perenang yg memenangkan lomba renang merupakan perenang yg selesaikan jarak lintasan tercepat. Pemenang babak penyisihan maju ke babak semi final, serta pemenang semi final maju kebabak final. Saling bersama dengan loncat indah, renang indah, renang perairan terbuka, serta polo air, ketetapan perlombaan renang diputuskan oleh badan dunia bernama Federasi RenangInternasional (FINA).
Persatuan Renang Semua Indonesia (PRSI) merupakan induk organisasicabang olahraga renang di Indonesia. Perlombaan berenang diawali di Eropa kurang lebih th. 1800. Beberapa besar perenangberenang dengan manfaatkan gaya dada. Pada 1873, John Arthur Trudgen mengenalkan gayatrudgen di lomba-romba renang sesudah menyontoh renang gaya bebas suku Indian. Akibatketidaksukaan orang Inggris pada gerakan renang yg memercikkan air kesana ke mari, Trudgen ganti gerakan kaki gaya bebas yg melecut ke atas serta ke bawah menjadigerakan kaki gunting seperti renang gaya samping. Renang jadi satu diantara cabang olahraga yg dilombakan dari Olimpiade Athena1896. No renang putri dilombakan dari Olimpiade Stockholm 1912. Pada 1902, RichardCavill mengenalkan renang gaya bebas. Federasi Renang Internasional dibentuk pada 1908. Gaya kupu-kupu pertama kali di kembangkan pada th. 1930-an. Mula-mula, gaya kupu-kupu menjadi variasi gaya dada sebelum saat dikira sbg gaya renang sendiri pada 1952.

Di Hindia Belanda, Perserikatan Berenang Bandung (Bandungse Zwembond) didirikanpada 1917. Pada th. selanjutnya didirikan Perserikatan Berenang Jawa Barat (West JavaZwembond), serta Perserikatan Berenang Jawa Timur (Oost Java Zwembond) didirikan pada1927. Dari itu juga perlombaan renang antardaerah mulai kerap diselenggarakan. Rekor dalamkejuaraan-kejuaraan itu juga dicatatkan sbg rekor di Belanda. Pada 1936, perenang Hindia Belanda bernama Pet Stam mencatat rekor 59, 9 detik untuknomor 100 mtr. gaya bebas di kolam renang Cihampelas Bandung. Pet Stam di kirim sebagaiwakil Belanda di Olimpiade Berlin 1936. Persatuan Berenang Semua Indonesia didirikan 21Maret 1951, serta sbg anggota Federasi Renang Internasional dari th. selanjutnya. Perenang Indonesia turut berlomba dalam Olimpiade Helsinki 1952. Tersebut penjelasan gaya renang.

  • Gaya Bebas 
Gaya bebas yaitu berenang dengan posisi dada menghadap ke permukaan air. Ke-2 belahtangan dengan cara bergantian digerakkan jauh ke depan dengan gerakan mengayuh, sesaat keduabelah kaki dengan cara bergantian dicambukkan naik turun ke atas serta ke bawah. Pada saat berenanggaya bebas, posisi muka menghadap ke permukaan air. Pernapasan dikerjakan waktu lengandigerakkan ke luar dari air, waktu tubuh jadi miring serta kepala berpaling ke samping. Sewaktumengambil napas, perenang dapat menentukan untuk menoleh ke kiri atau ke kanan. Dibandingkangaya berenang yang lain, gaya bebas adalah gaya berenang yg dapat bikin tubuh melajulebih cepat di air.
  • Gaya Dada
Gaya dada adalah gaya berenang paling popular untuk renang rekreasi. Posisi tubuh stabildan kepala bisa ada diluar air kurun waktu yg lama. Gaya dada atau gaya katak adalahberenang dengan posisi dada menghadap ke permukaan air, tetapi tidak sama dari gaya bebas, batang tubuh senantiasa dalam situasi terus. Ke-2 belah kaki menendang ke arah luar sementarakedua belah tangan diluruskan di depan. Ke-2 belah tangan di buka ke samping seperti gerakanmembelah air supaya badan maju lebih cepat ke depan. Gerakan tubuh mengikuti gerakan kataksedang berenang hingga dimaksud gaya katak. Pernapasan dikerjakan saat mulut ada dipermukaan air, sesudah satu kali gerakan tangan-kaki atau 2 x gerakan tangan-kaki.
  • Gaya Punggung 
Sewaktu berenang gaya punggung, orang berenang dengan posisi punggung menghadap kepermukaan air. Posisi muka ada diatas air hingga orang gampang mengambil napas. Namun
perenang cuma bisa lihat atas serta tak dapat lihat ke depan. Pada saat berlomba, perenangmemperkirakan dinding pinggir kolam dengan mengkalkulasi jumlah gerakan. Dalam gaya punggung, gerakan lengan serta kaki sama dengan gaya bebas, tetapi dengan posisitubuh telentang di permukaan air. Ke-2 belah tangan dengan cara bergantian digerakkan menujupinggang seperti gerakan mengayuh. Mulut serta hidung ada diluar air hingga mudahmengambil atau buang napas dengan mulut atau hidung.
  • Gaya Kupu-Kupu 
Gaya kupu-kupu atau gaya lumba-lumba yaitu satu diantara gaya berenang dengan posisi dadamenghadap ke permukaan air. Ke-2 belah lengan dengan cara berbarengan ditekan ke bawah dandigerakkan ke arah luar saat sebelum diayunkan ke depan. Sesaat ke-2 belah kaki secarabersamaan menendang ke bawah serta ke atas seperti gerakan sirip ekor ikan atau lumba-lumba. Hawa dihembuskan kuat-kuat dari mulut serta hidung saat sebelum kepala nampak dari air, serta udaradihirup melalui mulut saat kepala ada diluar air. Gaya kupu-kupu di ciptakan th. 1933, serta adalah gaya berenang paling baru. Tidak sama darirenang gaya yang lain, perenang pemula yg belajar gaya kupu-kupu butuh saat lebih lamauntuk pelajari koordinasi gerakan tangan serta kaki. Berenang yaitu satu diantara type olahraga yg dapat menambah kesehatan seseorang yangjg adalah olahraga tiada gaya gravitasi bumi (non weight barring). Berenang terbilangminim risiko cedera fisik lantaran waktu berenang semua berat badan ditahan oleh air ataumengapung. Diluar itu berenang adalah olahraga yg paling disarankan untuk mereka yangkelebihan berat badan (obesitas), ibu hamil serta pasien masalah persendian tulang atauarthritis.

Berenang mempunyai banyak faedah yang bisa dirasakan jika kita melakukannya secara benar serta teratur, faedah itu diantaranya :
  1. Membuat otot Saat berenang, kita menggerakkan hampir total otot-otot pada tubuh, dimulai dari kepala, leher, anggota gerak atas, dada, perut, punggung, pinggang, anggota gerak bawah, serta telapakkaki. Waktu bergerak didalam air, tubuh keluarkan daya semakin besar lantaran mesti ‘melawan’massa air yg dapat menguatkan serta melenturkan otot-otot tubuh
  2. Menambah kekuatan manfaat jantung serta paru-paruGerakan mendorong serta menendang air dengan anggota tubuh terlebih tangan serta kaki, dapatmemacu aliran darah ke jantung, pembuluh darah, serta paru-paru. Berarti, berenang bisa dikategorikan sbg latihan aerobik dalam air.
  3. Menambah tinggi badanBerenang dengan cara baik serta benar bakal bikin tubuh tumbuh lebih tinggi (untuk yg masihdalam perkembangan pastinya).
  4. Melatih pernafasanSangat disarankan untuk orang yg terkena penyakit asma untuk berenang lantaran sistemcrdiovaskular serta pernafasan bisa jadi kuat. Penapasan kita jadi lebih sehat, lancar, danbisa pernafasan jadi lebih panjang.
  5. Membakar kalori lebih banyakSaat berenang, tubuh bakal merasa lebih berat bergerak didalam air. Otomatis daya yangdibutuhkan lalu jadi lebih tinggi, hingga bisa dengan cara efisien membakar lebih kurang 24% kaloritubuh.
  6. Self safetyDengan berenang kita tak perlu cemas jika satu waktu alami beberapa hal yg tidakdiinginkan terutama yg terkait dengan air (jatuh ke laut dan lain-lain).
  7. Menyingkirkan stres. Dengan cara psikologis, berenang dapat juga bikin hati serta pikiran lebih relaks. Gerakan berenang yang dikerjakan dengan enjoy serta perlahan, dapat menambah hormon endorfin dalam otak. Situasi hati jadi sejuk, pikiran lebih adem, badan lalu bebas gerah.
  8. Saat sebelum berenang, ag tubuh tak ‘kaget’, disarankan lakukan gerakan pemanasan untukmencegah kram otot sekalian juga berperan untuk menambah suhu tubuh serta detak jantungsecara bertahap serta juga kerjakan pendinginan sesudah usai berenang supaya suhu tubuh dandetak jantung tak alami penurunan dengan cara mencolok lewat cara berenang perlahan-lahan sepanjang 5 menit.
  9. Untuk pemanasan bisa diawali dengan lakukan gerakan-gerakan mudah, sepertimengayunkan tangan serta kaki atau berjalan-jalan di lebih kurang kolam renang sepanjang 10-15 menit. Lalu dengan cara bertahap awalilah dengan satu putaran menyeberangi kolam, lalu istirahatlah selama30 detik berapa kali serta puncaknya berenang sepanjang 20-40 menit tiada henti.
  10. Setelah beberapa minggu, latihan dapat ditingkatkan. Baiknya, berganti-ganti gaya renang agar semuaotot terlatih. Hanya satu ‘kekurangan’ dari type olahraga ini yaitu nyatanya kurang beruntung bagi kesehatan tulang.
Ketiadaan gaya gravitasi bumi waktu berenang malah punya pengaruh jelek padamassa tulang. Untuk mengatasinya, Anda bisa menyelinginya dengan olahraga lain, sepertijoging, jalan kaki, atau bersepeda.
Di bawah ini beberapa pengertian tentang gaya dalam Reneng  antara lain:

1. Gaya bebas

Gaya bebas yaitu berenang dengan posisi dada menghadap ke permukaan air. ke-2 belah tangan dengan bergantian digerakkan jauh ke depan dengan gerakan mengayuh, sesaat ke-2 belah kaki dengan bergantian dicambukkan naik turun ke atas serta ke bawah. pada saat berenang gaya bebas, posisi muka menghadap ke permukaan air. pernapasan dikerjakan waktu lengan digerakkan ke luar dari air, waktu tubuh jadi miring serta kepala berpaling ke samping. pada saat mengambil napas, perenang dapat memilih untuk menoleh ke kiri atau ke kanan. dibanding gaya berenang yang lain, gaya bebas adalah gaya berenang yang dapat bikin tubuh melaju lebih cepat di air. gaya bebas adalah gaya yang tidak terikat dengan tehnik-teknik dasar spesifik. gaya bebas dikerjakan dengan beragam macam gerakan didalam berenang yang dapat bikin perenang bisa melaju didalam air. hingga gerakan didalam gaya bebas dapat di pakai oleh sebagian orang, baik yang telah terlatih ataupun beberapa pemula.

2. Gaya Dada / Gaya Katak

Gaya dada adalah gaya berenang sangat popular untuk renang rekreasi. posisi tubuh stabil serta kepala bisa ada di luar air kurun waktu yang lama. gaya dada atau gaya katak ( gaya kodok ) yaitu berenang dengan posisi dada menghadap ke permukaan air, tetapi tidak sama dari style bebas, batang tubuh senantiasa didalam situasi terus. ke-2 belah kaki menendang ke arah luar sesaat ke-2 belah tangan diluruskan di depan. ke-2 belah tangan di buka ke samping layaknya gerakan membelah air supaya badan maju lebih cepat ke depan. gerakan tubuh mengikuti gerakan katak tengah berenang hingga dimaksud gaya katak. pernapasan dikerjakan saat mulut ada di permukaan air, sesudah satu kali gerakan tangan-kaki atau 2 x gerakan tangan-kaki. didalam pelajaran berenang, perenang pemula studi gaya dada atau style bebas. diantara ketiga nomer renang resmi yang diatur federasi renang internasional, perenang gaya dada yaitu perenang yang selambat-lambatnya.

3. Gaya Punggung

Pada saat berenang gaya punggung, orang berenang dengan posisi punggung menghadap ke permukaan air. posisi muka ada diatas air hingga orang gampang mengambil napas. tetapi perenang cuma bisa lihat atas serta tidak dapat lihat ke depan. pada saat berlomba, perenang memperkirakan dinding pinggir kolam hitung jumlah gerakan. didalam gaya punggung, gerakan lengan serta kaki sama dengan gaya bebas, tetapi dengan posisi tubuh telentang di permukaan air. ke-2 belah tangan dengan bergantian digerakkan menuju pinggang layaknya gerakan mengayuh. mulut serta hidung ada di luar air hingga gampang mengambil atau buang napas dengan mulut atau hidung. pada saat berlomba, tidak sama dari sikap start perenang gaya bebas, gaya dada, serta gaya kupu-kupu yang seluruhnya dikerjakan diatas balok start, perenang gaya punggung lakukan start dari didalam kolam. perenang menghadap ke dinding kolam dengan ke-2 belah tangan memegang besi pegangan. ke-2 lutut ditekuk diantara ke-2 belah lengan, sesaat ke-2 belah telapak kaki bertumpu di dinding kolam. gaya punggung yaitu gaya berenang yang telah dikenal sejak zaman kuno. pertama kali diperlombakan di olimpiade paris 1900, gaya punggung adalah gaya renang tertua yang diperlombakan sesudah gaya bebas

4. Gaya Kupu - Kupu

Gaya kupu-kupu atau gaya dolfin yaitu di antara gaya berenang dengan posisi dada menghadap ke permukaan air. ke-2 belah lengan dengan berbarengan ditekan ke bawah serta digerakkan ke arah luar sebelum saat diayunkan ke depan. sesaat ke-2 belah kaki dengan berbarengan menendang ke bawah serta ke atas layaknya gerakan sirip ekor ikan atau lumba-lumba. hawa dihembuskan kuat-kuat dari mulut serta hidung sebelum saat kepala nampak dari air, serta hawa dihirup melalui mulut saat kepala ada di luar air. gaya kupu-kupu diciptakan th. 1933, serta adalah gaya berenang sangat baru. tidak sama dari renang gaya yang lain, perenang pemula yang studi gaya kupu-kupu butuh waktu lebih lama untuk pelajari koordinasi gerakan tangan serta kaki. berenang style kupu-kupu juga menuntut kemampuan yang semakin besar dari perenang. kecepatan renang gaya kupu-kupu didapat dari ayunan ke-2 belah tangan dengan berbarengan. perenang tercepat style kupu-kupu bisa berenang lebih cepat dari perenang gaya bebas. dibanding didalam gaya berenang yang lain, perenang gaya kupu-kupu tidak bisa menutupi tehnik gerakan yang jelek eluarkan tenaga yang semakin besar.



Lebih baru Lebih lama