* JAGALAH SPORTIFITAS DIMANA BUMI DIPIJAK DI SITU LANGIT KITA JUNJUNG LOYALITAS TANPA BATAS

Sejarah Club ZHEMA Kebumen

Dalam Perlombaan Club Basket Mandasportcenter lebih dikenal dengan CLUB ZHEMA. Event atau lomba-lomba cabang bola basket [...]

Taktik dan Strategi Bola Basket

Dalam seluruh bentuk olahraga sering kita jumpai orang membicarakan masalah TAKTIK DAN STRATEGI . Inti dari penggunaan taktik dan strategi [...]

Cara Bermain Bola Basket ...

Untuk pemula sebaiknya pertama-tama berlatih dribble menggunakan tangan kanan setelah mahir bisa berlatih menggunakan tangan kiri [...]

Teknik Dasar Bola Basket

Ada beberapa teknik dasar dalam olahraga bola basket yakni: passing dan catching,dribbling, shooting, pivot, jump stop,dan rebound [...]

Teknik Dasar Bola Voli

Setiap Pemain Bola voli harus menguasi teknik dasar bola voli. Penguasaan teknik tersebut harus dilakukan dengan latihan terus menerus [...]

KEMAMPUAN GERAK DASAR TUBUH


1. Kekuatan ( Strenght ) adalah kemampuan otot untuk menahan beban dalam waktu yang relatif singkat sampai pada kemampuan untuk menerima beban maksimal.
2. Kecepatan ( Rapidty ) adalah kemampuan untuk melakukan
gerakan dalam satu satuan waktu dan jarak yang ditempuh. Kecepatan dapat dihitung dari hasil bagi antara jarak yang ditempuh dengan waktu yang dibutuhkan untuk menempuh jarak tersebut. Kecepatan meliputi :
• Kecepatan reaksi ( rapidty reaction ) adalah kecepatan indera tubuh untuk menerima rangsang dan melakukan response.
• Kecepatan waktu ( rapidty time ) adalah kecepatan yang diukur dari mulai awal gerakan pertama terjadi sampai dengan gerakan yang dilakukan paling akhir.
3. Power adalah kemampuan otot untuk melakukan gerakan – gerakan dengan cepat dan menggunakan beban yang maksimal.
4. Keseimbangan ( balance ) adalah kemampuan tubuh untuk melawan gravitasi dengan cara melihat tumpuannya. Karena semakin kecil tumpuannya maka keseimbangannya semakin baik.
5. Kelentukan ( Pliability ) adalah kemampuan otot untuk melakukan keluasan gerak otot persendian.
6. Kelincahan ( agility ) adalah kemampuan tubuh untuk bergerak dengan cara mengubah arah dengan cepat, tepat, dan seimbang.
7. Daya tahan ( kardiovaskuler respirasi ) adalah kemampuan otot untuk menahan beban dalam jangka waktu yang relative lama.
8. Koordinasi ( coordination ) adalah kerja sama antara bagian tubuh yang satu dengan bagian tubuh yang lainnya. Misalnya koordinasi antara mata dan tangan atau koordinasi antara mata dan kaki. Sehingga dalam pergerakannya akan seimbang.
9. Ketepatan ( accuracy ) adalah kemampuan tubuh atau indera untuk melakukan aktivitas fisik untuk mencapai target atau tujuan tertentu.
10. Kekebalan ( invulnerability ) adalah kemampuan otot untuk melakukan adaptasi terhadap rangsangan yang dilakukan.