* JAGALAH SPORTIFITAS DIMANA BUMI DIPIJAK DI SITU LANGIT KITA JUNJUNG LOYALITAS TANPA BATAS

Sejarah Club ZHEMA Kebumen

Dalam Perlombaan Club Basket Mandasportcenter lebih dikenal dengan CLUB ZHEMA. Event atau lomba-lomba cabang bola basket [...]

Taktik dan Strategi Bola Basket

Dalam seluruh bentuk olahraga sering kita jumpai orang membicarakan masalah TAKTIK DAN STRATEGI . Inti dari penggunaan taktik dan strategi [...]

Cara Bermain Bola Basket ...

Untuk pemula sebaiknya pertama-tama berlatih dribble menggunakan tangan kanan setelah mahir bisa berlatih menggunakan tangan kiri [...]

Teknik Dasar Bola Basket

Ada beberapa teknik dasar dalam olahraga bola basket yakni: passing dan catching,dribbling, shooting, pivot, jump stop,dan rebound [...]

Teknik Dasar Bola Voli

Setiap Pemain Bola voli harus menguasi teknik dasar bola voli. Penguasaan teknik tersebut harus dilakukan dengan latihan terus menerus [...]

MANDASPORT DALAM LANGKAH MENDUKUNG VISI DAN MISI MADRASAH

HASIL WAWANCARA  MAJALAH AL-FAIZ DENGAN TIM MANDASPORTCENTER:

Masih ingat nggak Sahabat Al-Faiz…setiap brifing dan pengarahan beliau Pembina mandasport? Apa coba….ini lho motifasi beliau pada saat kegiatan ekstrakurikuler,  sebelum melaksanakan lomba/turnamen , dan pada saat perlombaan berlangsung……beliau selalu menyampaikan kata-kata semangat SALAM OLAHRAGA ..JAYA,MANDASPORT…BISA, MANDASPORT…PENUH PRESTASI”  Maksudnya apa ya? Yuk kita simak bincang-bincang tim Al-Faiz dengan Pembina Mandasport. Kepengin tau khan…berikut sekilas hasil wawancara tim Al-Faiz dengan  Pembina mandasport beliau Mr. John , Mr. Arief  dan  Mr. Aryo

Tim Al-Faiz : Bagaimana  langkah-langkah bapak dalam menghadapi setiap event lomba  agar atlet  mandasport termotivasi dan mempunyai daya juang tinggi?
Tim Mandasport  :  Kata kuncinya adalah DUITS
Tim Al-Faiz :  Apa sih pak artinya DIUTS itu, emangnya olahraga itu harus pake  duit?
Tim Mandasport: DUITS kami ibaratkan sebagai kunci keberhasilan dalam membina atlet-atlet Mandasport. Dalam memotifasi  atlet  mandasport kami mengikuti petunjuk para kyai/ustadz  serta pelatih olahraga yang berlicence.
Langkah pertama yaitu  (D) Doa, setiap latihan/lomba tidak lupa berdoa terlebih dahulu agar semua cabang  olahraga yang kita ikuti termasuk kegiatan ibadah dan berguna untuk kesehatan badan. Kadang-kadang   kami sebelum mengikuti  lomba minta di doakan oleh Kepala Madrasah,Wakamad Kesiswaan dan rekan-rekan guru ( walaupun lewat SMS .red) yang intinya mudah-mudahan siswa-siswi man kebumen 2 dalam lomba diberi kesehatan ,kemudahan serta  memperoleh hasil yang maksimal ( juara. Red). Kami meyakini dengan dukungan doa dari kami dan  beliau-beliau akan menambah  semangat serta  daya juang  atlet mandasport akan semakin  tinggi .
Langkah kedua yaitu (U) Usaha,  dengan mengikuti kegiatan rutin olahraga ditambah  motifasi untuk  menjadi seorang atlet  cabang olahraga siswa-siswi mengikuti  program kegiatan ekstrakurikuler olahraga diantaranya latihan fisik, latihan teknik, latihan taktik serta mental. Kegiatan ekstrakurikuler olahraga di MAN Kebumen 2 adalah Bola Basket, Bola Voli, Bulutangkis,Futsal  dan Tenis meja. Cabang-cabang olahraga yang lain dalam binaan Tim Mandasport  diantaranya Renang, Atletik, Sepak takraw, Sepak bola ,Senam, Pencaksilat dan beladiri yang lain.  Walaupun tidak terdaftar dalam ekstrakurikuler di MAN Kebumen 2 kami berusaha membina bakat mereka dengan  pelatih luar yang kompeten di cabangnya. Misalnya cabang futsal latihan rutin di GOR Lembusakti dan ikut Club Lembusakti, Cabang renang mengikuti latihan di GOR GOSI Stadion dengan  ikut Club “GOSSI SWIM CLUB”, cabang pencaksilat latihan rutin di perguruan pencaksilat masing-masing, dll. Kepelatihan mereka diluar Madrasah kami pantau perkembangannya dan kami berusaha agar  siswa-siswi  MAN Kebumen 2 untuk mengikuti  latihan rutin dengan pelatih masing-masing cabang.
Langkah ketiga yaitu (I) Ikhtiar, setiap ada event yang menguntungkan untuk perkembangan tim cabang olahraga tertentu kami selalu mengikuti event tersebut bahkan  kadang-kadang  untuk mengikuti lomba menggunakan  uang kas ekstrakurikuler ( swadaya siswa )dan Subsidi madrasah. Kami mempunyai pandangan bahwa untuk mencetak seorang atlet itu membutuhkan pengalaman - pengalaman lomba di luar Madrasah. Karena untuk menjadi juara itu tidak mudah seperti  masak SARIMI begitu air masak langsung di kasih bumbu dan mie siap dihidangkan, akan tetapi diibaratkan seperti EMPING MLINJO proses nya lama dari mencari mlinjo, dikumpulkan,dimasak,ditumbuk, dicetak, digoreng, dikemas dan siap dinikmati. Sarimi kami ibaratkan atlet mandasport yang mempunyai bakat dari SMP/MTS ( pernah juara. Red) dalam memotifasi mereka tidak terlalu sulit, kalau emping mlinjo kami ibaratkan atlet mandasport yang mempunyai bakat  olahraga setengah-setengah ( belum pernah juara. Red) mulai awal masuk di MAN Kebumen 2 dalam memotifasi mereka butuh kedisiplinan, keahlian,kesabaran dan pemantauan khusus.
Langkah ke empat yaitu (T) Tawakal, segala hasil jerih payah usaha, ikhtiar kami dalam memotifasi siswa-siswi MAN Kebumen 2 setiap latihan,  event atau lomba kita serahkan kepada yang Kuasa yaitu Alloh SWT. Seandainya kami kalah  dalam perlombaan itu merupakan keberhasilan yang tertunda. Apabila memperoleh kejuaraan itu semata-mata karena  kehendak Alloh SWT  yang perlu  kita syukuri,  hal ini merupakan bonus kebahagiaan dan kebanggaan bagi kami .
Langkah kelima yaitu (S) Semangat juang, walaupun misalnya kami gagal dalam perlombaan dan tidak memperoleh kejuaraan, ini merupakan Pekerjaan Rumah yang harus ditekuni dan perlu di evaluasi  ulang agar di tahun pelajaran yang akan datang lebih maksimal  serta perlu semangat juang yang tinggi untuk mewujudkan target juara. ..Fighting…
Tim Al-Faiz   : Bagaimana suka dan duka menjadi seorang pelatih di Mandasport?
TIM Mandasport : Menurut kami banyak dukanya ….kalo suka apabila atlet-atlet Mandasport memperoleh kejuaraan-kejuaraan, serta yang  mendapatkan kejuaraan itu siswa yang berkarakter (mempunyai sopan santun, patuh terhadap peraturan madrasah, mempunyai nilai akademik yang bagus,dan selalu melakukan hal-hal yang positif).   Kami jadi teringat alumni MAN Kebumen 2 namanya Siti Rofingatun ( Kelas IPS ) yang sekarang sudah kuliah di Universitas Negeri. Mba siti kami ibaratkan  seperti EMPING MLINJO untuk prestasi non akademiknya, karena awal kelas X main basketnya biasa saja, teknik dasarnya kurang, bentuk fisiknya pendek,   pokoknya kalau di lihat nggak pantes pemain basket,,, tapi dengan semangat latihan rutin serta mengikuti ektrakurikuler bola basket …..setelah kelas XI kecepatan dribbling, ball handing, ketepatan lay up, shoot, pivotnya sangat akurat sehingga mba Siti menjadi Top Scorer di LIGA BASKET Kebumen tahun 2012 dan 2013, bahkan di POPDA Kabupaten Juara 1, serta POPDA Kedu menjadi Juara 3 Tim Inti Kontingen Kabupaten Kebumen.  Nilai akademiknya mba Siti Rofingatun kelas paralel mendapat ranking atas bahkan juara olimpiade ekonomi tingkat jawa tengah .Menurut kami …….Mba Siti Rofingatun itu termasuk  salah satu siswa yang  mencapai  Visi dan Misi MAN Kebumen 2 . Bagaimana dengan kalian....? Mudah-mudahan kalian bisa mengikuti jejak mba Siti Rofingatun setidaknya kalian dapat mengambil hikmahnya.
Tim Al-Faiz  : Bagaimana pesan bapak terhadap atlet mandasport yang belum memperoleh kejuaraan  dan yang sudah memperoleh kejuaraan.
Tim Mandasport : Kamu sudah tau tadi  yang kami ibaratkan SARIMI dan EMPING MlINJO khan..?. Kami  merasa bangga dengan siswa yang telah memperoleh kejuaraan  dalam keseharianya menjaga sholatnya, tidak angkuh/ sombong, menjaga sopan santun terhadap siapapun, tekun belajar serta hal-hal lain yang positif Sebaliknya kami merasa seperti di injak kepalanya oleh kelakuan siswa yang telah memperoleh kejuaraan  olahraga dalam kesehariannya selalu bertindak negatif   serta membuat bapak dan ibu guru marah. Pesan Kami Bagi siswa-siswi MAN Kebumen 2 yang belum mencapai juara jangan patah semangat ingat DUITS dan selalu ikuti motifasi dari kami karena kegagalan adalah keberhasilan yang tertunda.
Tim Al-Faiz  : Ada pesan  buat  pengelola Madrasah?
Tim Mandasport: : Ada....Untuk mempertahankan kejuaraan-kejuaraan dalam olahraga dari tahun ketahun semakin komplek permasalahannya,yang sangat mendukung diantaranya adalah program latihan yang inovatif dan disiplin, pelatih yang professional dan selalu mencari ilmu perkembangan olahraga terbaru, atlet/siswa  yang mempunyai bakat olahraga dan daya juang tinggi serta sarana prasarana yang memadai. Kami hanya menggarisbawahi tentang sarana prasarana yang ada di MAN Kebumen 2, karena menurut kami untuk sarana prasarana olahraga di madrasah kita ini perhatianya sangat minim. Mudah-mudahan pengembangan Madrasah kedepan lebih fokus ke sarana prasarana olahraga. Sehingga daya tarik siswa SMP/MTs untuk sekolah di MAN kebumen 2 akan semakin banyak dan diminati masyarakat Kabupaten Kebumen. Dan hasil kejuaraan-kejuaraan POPDA atau event-event lain yang telah diperoleh atlet-atlet mandasport tahun ini dapat dipertahankan dan ditingkatkan perolehan medali  di tahun yang akan datang.
         Kami siap mendukung visi misi madrasah dengan kemampuan yang dimiliki oleh TIM Mandasport...ada motivasi bahwa "Orang sukses adalah orang yang berani untuk terus mencoba meskipun telah mengalami kegagalan". Ia memandang kehidupan sebagai peluang untuk mencapai kesuksesan. Sekalipun yg dihadapi adalah penderitaan yg membuatnya terpuruk, justru rintangan itu akan menjadi cambuk untuk menjadi orang sukses.
Ada beberapa kiat untuk menjadi sang pemimpi jawara:
1. Yakin diri 'aku bisa'!
2. Berpikir dan bersikap positif
3. Menanamkan bahwa belajar itu indah dan ibadah
4. Berusaha keras, belajar giat dan tawakal
5. Buat perencanaan waktu secara efektif
6. Banyak membaca, menulis dan berdiskusi
7. Buat kelompok belajar
8. Ikuti kegiatan positif
9. Temukan lingkungan dan teman yg bisa memotivasi kalian
10. Temukan gaya belajar yg tepat
11. Jangan menunda-nunda tugas
12. Biasakan belajar rutin walau sebentar
13. Usahakan jangan hanya hafal materi, tapi paham!
14. Tak ada kata malas dan enak2an
15. Selalu siap
16. Mandiri
17. Pemberani dan Percaya diri
18. Berjiwa pembelajar
19. Selalu mengevaluasi
20. Selalu berdo'a. Hanya Allah satu-satunya penolong
Begitulah sedikit wawancara kami dengan Pembina Mandasport semoga bermanfaat untuk kemajuan MAN Kebumen 2 kedepan  serta bisa mendukung  Visi dan Misi Madrasah tercinta ini.  Dibawah ini beberapa prestasi olahraga  dari atlet-atlet mandasport Kebumen diantaranya adalah :
1    1.Juara 3 Bola Basket putra PORSENI Tingkat Jawa Tengah di Magelang tahun 2004 
2.Juara 2 Bola voli guru/karyawan putra HUT Proklamasi antar instansi Se- Kab. Kbm th 2009
3.Juara 1 POPDA Bola Basket Putri SMK/SMA/MA Tingkat Kabupaten  tahun 2009
4 Juara  3  POPDA  Bola Basket Putri SMK/SMA/MA Tingkat Eks Karesidenan Kedu th 2009
5.Juara 1 POPDA Bola Basket Putri SMK/SMA/MA Tingkat Kabupaten  tahun  2010
6.Juara 1 POPDA Bola Basket Putri SMK/SMA/MA Tingkat Kabupaten  tahun 2011
7.Juara 1 POPDA Bola Basket Putri SMK/SMA/MA Tingkat Kabupaten  tahun 2012
8.Juara 3 POPDA Bola Basket Putri SMK/SMA/MA Tingkat Eks Karesidenan Kedu thn 2012
9.Juara Harapan 1 Liga Basket Kebumen  SMK/SMA/MA Bola Basket Putri  th 2012
10. Juara 1 POPDA Bola Basket Putri SMK/SMA/MA Tingkat Kabupaten  tahun 2013
11.Juara Harapan 2 Liga Basket Kebumen SMK/SMA/MA Bola Basket Putra th 2015 
12.Juara   2 POPDA Bola Voli Putri SMK/SMA/MA Tingkat Kabupaten  tahun 2009
13.Juara 1 POPDA Bola Volley putra  SMK/SMA/MA Tingkat Kabupaten  tahun 2009
14.Juara 1 POPDA Bola Volley putri  SMK/SMA/MA Tingkat Kabupaten  tahun 2011
15. Juara 1 POPDA Bola Volley putri  SMK/SMA/MA Tingkat Kabupaten  tahun 2012.
16. Juara 2 POPDA Lompat Jauh Putri SMK/SMA/MA Tingkat Kabupaten  tahun 2009
17. Juara 1 POPDA Bola Volley putri  SMK/SMA/MA Tingkat Kabupaten  tahun 2013
18. Juara 1 POPDA Bola Volley putri  SMK/SMA/MA Tingkat Kabupaten  tahun 2014
19. Juara 1 Pencaksilat Kelas B Putra SMK/SMA/MA Tingkat Kabupaten  tahun 2011

20. Juara 1 Pencaksilat Kelas B Putra  SMK/SMA/MA Tingkat Kabupaten  tahun 2012
21. Juara  3 Pencaksilat Kelas E putri  SMK/SMA/MA Tingkat Kabupaten  tahun 2012
22. Juara  2 Pencaksilat Kelas E Putri SMK/SMA/MA Tingkat Kabupaten  tahun 2014
23. Juara 1 Lari 200M putra AKSIOMA Tingkat Kabupaten Tahun 2013
24. Juara 1 Lari 200M putri AKSIOMA Tingkat Kabupaten Tahun 2013 
25. Juara 3 Lari 100M putra AKSIOMA Tingkat Kabupaten Tahun 2013
26. Juara Harapan 2 Tenis meja putri AKSIOMA Tingkat KabupatenTahun 2013 
27. Juara Harapan 3 Tenis meja putri AKSIOMA Tingkat KabupatenTahun 2013
28. Juara Harapan 1 Lari 200M putra  AKSIOMA Tingkat KabupatenTahun 2013
29. Juara 2 Lari 200 M putri AKSIOMA Tingkat KabupatenTahun 2013
30. Juara 3 Bulutangkis putra  AKSIOMA Tingkat KabupatenTahun 2013
31. Juara  2 Pencaksilat Kelas E Putri POPDA SMK/SMA/MA Tingkat Kabupaten  tahun 2013
32. Juara 2 POPDA Lari 200 M putri POPDA SMK/SMA/MA Tingkat Kabupaten  tahun 2008
33. Juara 2 POPDA Lompat Jangkit Putra POPDA SMK/SMA/MA Tingkat Kabupaten  tahun 2012 
34. Juara 2 POPDA Tolak Peluru Putri  POPDA SMK/SMA/MA Tingkat Kabupaten  tahun 2012
35. Juara 1 POPDA Lompat Jangkit Putra POPDA SMK/SMA/MA Tingkat Kabupaten  tahun 2013
36. Juara 1 POPDA Renang Gy Dada 50,100,200 M putri POPDA SMK/SMA/MA  thn  2012 
37. Juara 2 POPDA  Renang Gy Punggung putri POPDA SMK/SMA/MA Tgkt Kab.  tahun 2012
38. Juara 1 POPDA Renang Gaya Bebas Putri POPDA SMK/SMA/MA Tgkt Kabupaten  tahun 2012
39. Juara 1POPDA  Renang Gaya Kupu kupu  POPDA SMK/SMA/MA Tgkt Kabupaten  tahun 2012
40. Juara 1 Renang Gaya Dada Putri KRAP/S Tingkat Kab. kebumen 2012
41. Juara 1 Renang Gaya Bebas Putri KRAP/S Tingkat Kab. kebumen 2012
42.Juara 1 Renang Gaya Punggung Putri KRAP/S Tingkat Kab. kebumen 2012
43. Juara 1 Renang Gaya Kupu-kupu Putri KRAP/S Tingkat Kab. kebumen 2012
44. Juara 2 POPDA Bulutangkis Putra  POPDA SMK/SMA/MA Tingkat Kabupaten  tahun 2013
45. Juara 3 POPDA Lempar Lembng Putra  POPDA SMK/SMA/MA Tingkat Kabupaten  tahun 2013
46. Juara 1 POPDA Renang Gaya  Kupu-kpu PutraPOPDA  SMK/SMA/MA Tgkt Kab. 2013
47. Juara 1 POPDA Renang Gaya  Dada Putra  POPDA SMK/SMA/MA Tngkat Kab. Kebumen 2013
48. Juara 1 POPDA Renang 100 MGy  Dada Putra  POPDA SMK/SMA/MA Tgkt Kab.  2013
49. Juara 2 POPDA Renang Gaya  Dada Putra  POPDA SMK/SMA/MA Tngkat Kab. Kebumen 2013
50. Juara 3 POPDA Renang 100 MGy  Dada Putra  POPDA SMK/SMA/MA Tgkt Kab. Kbm 2013
51. Juara 2 POPDA Renang 200M Gy  dda Putra  POPDA SMK/SMA/MA Tgkt Kab. Kbm 2013
52. Juara 1 Renang Gaya 100 Bebas  Putra KRAP/S Tingkat Kab. kebumen 2014
53. Juara 1 Renang Gaya 200 Bebas Putra KRAP/S Tingkat Kab. kebumen 2014
54. Juara 1 Renang Gaya 200 Dada  Putra KRAP/S Tingkat Kab. kebumen 2014
55. Juara 2 Renang Gaya 200 Dada  Putra KRAP/S Tingkat Kab. kebumen 2014
56.  Juara 2 Renang Gaya 100 Dada  Putra KRAP/S Tingkat Kab. kebumen 2014
57. Juara 3 Renang Gaya 100 Dada  Putra KRAPS Tingkat Kab. kebumen 2014
58. Juara 2 Futsal Putra Turnamen Futsal Tk Kab. Kebumen Tahun 2014
59. Juara 2 Pencak silat Putri Kelas E Kejurda P. silat Tapak Suci Tingkat Kab. Kebmen 2014 .
60. Juara 2 Tenis Meja Beregu Putra Guru /Karyawan HAB Kemenag tahun 2014
61. Juara Harapan 2 Turnamen Bulutangkis putri Tk Kab Kebumen tahun 2015
62. Juara Harapan 2 Turnamen Bulutangkis putri  Tk Kab Kebumen tahun 2015
63. Juara Harapan 2 Liga Basket Kebumen Tk Kab Kebumen tahun 2015 
64. Juara 2 Bulutangkis Putra Olimpiade IAINU Tk Kab Kebumen tahun 2015 
65. Juara 3 Tenis Meja Putri POPDA SMK/SMA/MA Tk Kab. Kebumen tahun 2015 
66. Juara 1 Bola Basket Putri POPDA SMK/SMA/MA Tk Kab. Kebumen tahun 2015
67. Juara 1 Karate Putra POPDA SMK/SMA/MA Tk Kab. Kebumen tahun 2015
68. Juara 2 Bola Volley  Putri POPDA SMK/SMA/MA Tk. Kab. Kebumen tahun 2015
69. Juara 2 Renang 200M gaya Dada pa POPDA SMK/SMA/MA Tk. Kab. Kebumen tahun 2015
70. Juara 2 Renang 200M gaya Dada pi POPDA SMK/SMA/MA Tk. Kab. Kebumen tahun 2015
71. Juara 2 Renang 100M gaya Dada pi POPDA SMK/SMA/MA Tk. Kab. Kebumen tahun 2015
72. Juara 2 Renang 50M gaya Punggung pa POPDA SMK/SMA/MA Tk. Kab. Kebumen tahun 2015
73. Juara 3 Renang 100 gaya Bebas pa POPDA SMK/SMA/MA Tk. Kab. Kebumen tahun 2015
74. Juara 1 Karate Putra POPDA SMK/SMA/MA Tingkat Kedu tahun 2015
75. Juara 1 bulutangkis putra AKSIOMA Tingkat Kab. Kebumen 2015
76. Juara 1 tenis meja putri AKSIOMA Tingkat Kab. Kebumen 2015
77. Juara 2 tenis meja putra AKSIOMA  Tingkat Kab. Kebumen 2015
78. Juara 2 lari 100 meter AKSIOMA Tingkat Kab. Kebumen 2015
79.Juara 3 lari 100 meter AKSIOMA Tingkat Kab. Kebumen 2015
80. Juara 3 lari 400 meter AKSIOMA Tingkat Kab. Kebumen 2015
81.Juara 2 renang putra 100m gaya bebas KRAS Kab. Kebumen 2015
82.Juara 2 renang putra 50m gaya kupu kupu KRAS Kab. Kebumen 2015
83. Juara 2 renang putra 50m gaya punggung KRAS Kab. Kebumen 2015
84. Juara 3 renang putra 50 m gaya bebas KRAS Kab. Kebumen 2015
85. Perenang Terbaik 3 tingkat SMK/SMA/MA Kab. Kebumen 2015
86. Juara 3 Kejuaraan Bulutangkis "Walet Cup" Tingkat Kab. Kebumen 2015
87. Juara 3 Invitasi Bulutangkis Tingkat Jawa Tengah tahun 2016
88. Juara 1 Kelas A putri Kejuaraan Pencaksilat Betako Merpati Putih  Tingkat Kab. Kebumen  2016.
89. Juara 1 Bola Basket putri POPDA SMK/SMA/MA Tingkat Kabupaten Kebumen Th 2016.
90. Juara 2 Bola Volley putri POPDA SMK/SMA/MA Tingkat Kabupaten Kebumen Th 2016.
91. Juara 2 Tenis meja putri POPDA SMK/SMA/MA Tingkat Kabupaten Kebumen Th 2016.
92. Juara 2 Atletik  Lompat Jangkit pi POPDA SMK/SMA/MA Tingkat Kabupaten Kebumen Th 2016.
93. Juara 2 Pencaksilat kela A putri  POPDA SMK/SMA/MA Tingkat Kabupaten Kebumen Th 2016.
94. Juara 2 Pencaksilat kelas C putra POPDA SMK/SMA/MA Tingkat Kabupaten Kebumen Th 2016.
95. Juara 3 Renang 50m gy dada pa POPDA SMK/SMA/MA Tingkat Kabupaten Kebumen Th 2016.
              Untuk mengembangkan  dan mempertahankan prestasi olahraga di MAN Kebumen 2 kami mengharapkan saran dari para pembaca Al-Faiz baik melalui Pembina Mandasport langsung atau  lewat Blog ini Http://www. Mandasportcenter.Blogspot.com atau Http//www. Man 2 Kebumen.Sch.id